Friday, August 19, 2016

Pengertian Terapi Lintah

Dalam dunia pengobatan ada berbagai jenis metode pengobatan dan terapi yang ditempuh untuk bisa memberikan kesembuhan bagi sang penderita penyakit. Diantara berbagai jenis terapi yang ada, terapi dengan menggunakan lintah menjadi salah satu terapi alternatif yang  cukup populer. Pengertian terapi lintah itu sendiri adalah terapi menggunakan lintah, hewan pengisap darah, untuk mengisap darah dari sang penderita penyakit dikenal juga dengan terapi hirudo (hirudo artinya lintah). Terapi ini sendiri sudah dikenal sejak jaman dahulu kala di berbagai belahan dunia. Pada abad 19, penggunaan lintah sebagai alat terapi sempat populer namun setelah itu terapi ini mengalami masa kemunduran. Belakangan ini terapi dengan menggunakan hewan ini kembali populer dan saat ini dapat dengan mudah ditemukan tempat-tempat yang menawarkan praktek terapi ini.
Untuk memahami pengertian terapi lintah itu sendiri, perlu dipahami mengapa lintah menjadi pilihan dalam terapi ini. Lintah adalah hewan yang memiliki pengisap pada bagian ujung tubuhnya. Ukuran lintah itu sendiri sangat beragam mulai dari yang berukuran setengah inci hingga yang berukuran 10 inci. Hewan ini juga memiliki banyak spesies dan bisa ditemukan di semua negara. Hewan yang hidup di daerah yang lembab dan berair ini berbeda dengan pacet. Lintah itu sendiri lebih banyak ditemukan hidup di air sedangkan pacet lebih banyak ditemukan pada batang pohon atau daun. Dalam terapi lintah, yang dipergunakan adalah hewan lintah dan bukan pacet.
Pengertian terapi lintah itu sendiri sudah mulai banyak dipahami oleh banyak orang dan hal ini pula yang membuat pengobatan tradisional dengan terapi lintah menjadi metode pengobatan yang sangat populer di kalangan masyarakat banyak. Pengobatan tradisional dengan terapi lintah ini digadang-gadang mampu untuk menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat dan menahun. Saat ini metode pengobatan dengan menggunakan hewan ini dapat ditemukan di berbagai negara di dunia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan juga Belanda. Dunia medis di beberapa negara juga sudah mulai menggunakan hewan ini dalam beberapa prosedur dan hasil yang ditunjukkan juga cukup menjanjikan sehingga tidak heran bila terapi ini semakin populer.
Jadi tunggu apa lagi? Ayo hidup sehat!
~ Mr. Lintah ~

No comments:

Post a Comment